Jumat, 14 Agustus 2009

Pengganti DR Azahari Segera Muncul Dampingi Noordin M Top?

Pengamat terorisme dan penasihat senior International Crisis Group (ICG) Sidney Jones mengatakan, pengganti Dr Azahari, salah satu perakit bom terhebat dalam kelompok Noordin M Top, yang tewas November 2005 di Batu, Jawa Timur, diyakini akan segera hadir. Hingga saat ini, belum ada satu pun anggota jaringan Noordin, yang memiliki kemampuan setara dengan Azahari.

"Dalam waktu dekat, akan ada orang yang diklaim menggantikan Azahari, dan bersama Noordin akan membangun jaringan teroris yang lebih kuat di Indonesia. Selain itu, ada nama Gempur Budi Angkoro alias Jabir yang juga merupakan orang dekat Noordin dan Azahari," katanya, Jumat (14/8).

Menurut Sidney, perekrutan terhadap jaringan-jaringan baru dengan dogma-dogma yang diajarkan oleh Noordin M Top dan Ustad Saefuddin Jaelani (SJ), tidak dapat diperkirakan. Namun, ia menduga, jika ada sumber yang menyatakan bahwa SJ mampu merekrut 15 orang calon pengantin, maka jumlah jaringan Noordin bisa mencapai ratusan orang.

Sementara itu, terkait keberadaan Noordin, pengamat intelijen Dynno Chressbon memprediksi, saat ini Noordin bersembunyi bersama kelompoknya, dengan posisi berpindah-pindah dari Jakarta kemudian ke komunitasnya di daerah, terutama Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera. "Jadi Noordin masih bolak-balik dari Jakarta ke tempat persembunyiannya di daerah luar Jakarta," katanya.

Menurut Dynno, Noordin dan pengikutnya selama kabur tidak pernah tinggal di apartemen, hotel, atau tempat yang berbau asing karena lokasi tersebut dianggap komunitas orang-orang kafir.

Menurutnya, berbekal penguasaan internet, memiliki pengikut yang loyal, dana cukup, dan pengalaman menyamarkan diri, Noordin diperkirakan lebih mudah melarikan diri atau menghilangkan jejak. "Semua biaya operasi pengeboman didapat Noordin dari Malaysia yang dikirim melalui kurir," ujarnya.


Baca Juga :



0 komentar:

Recent Posts

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP